Ads Top

Tanya Jawab Ringan Ruqyah Syar'iyyah

📜 Pertanyaan:

Ust, jika ketika shalat terasa seakan-akan ada yang membisikan kejelekan, apakah saya perlu diruqyah...? Padahal saya sudah memperbaiki wudhu, berusaha khusu'. Apa yang harus saya lakukan...? (Hamba Allah, Bekasi).

✍🏻 jawab:

Alhamdulillah was shalatu was salamu Ala Rasulillah...

🔗 Yang harus anda lakukan adalah dengan meruqyah mandiri terhadap diri anda  terlebih dahulu. Yaitu menunaikan sunnah Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Sallam disaat ada gangguan ketika shalat. Membaca do'a sehari-hari dan senantiasa menunaikan sunnah-sunnah Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Sallam adalah merupakan bagian dari Ruqyah mandiri. 

🔗 Kasus semacam ini pernah dialami oleh salah seorang sahabat, yaitu Utsman bin Abil ‘Ash Radhiyallahu ‘Anhu. Beliau datang kepada Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam mengadukan gangguan yang dia alami ketika shalat. Kemudian, beliau Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam  bersabda,

ذاك شيطان يقال له خنزب فإذا أحسسته فتعوذ بالله منه واتفل على يسارك ثلاثاً

_“Itu adalah setan. Namanya Khinzib. Jika kamu merasa diganggu, mintalah perlindungan kepada Allah dari gangguannya dan meludahlah ke kiri tiga kali.”

Kata Utsman, “Aku pun melakukannya, kemudian Allah menghilangkan gangguan itu dariku.” (H.r. Muslim, no. 2203)_

🔗 Pelajaran hadits:

Dalam hadits di atas, Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam mengajarkan –kepada kita– dua cara untuk menghilangkan gangguan setan dalam shalat:

🔹 Memohon perlindungan kepada Allah, dengan membaca ta’awudz (a’udzu billahi minas syaithaanir rajiim). Bacaan ini dilafalkan, bukan di batin. Ini hukumnya diperbolehkan dan tidak membatalkan shalat.

🔹 Meludah ringan ke kiri, dengan cara meniupkan udara yang mengandung sedikit air ludah. Ini diperbolehkan, dengan syarat tidak mengganggu orang yang berada di sebelah kirinya dan tidak mengotori masjid. (Disadur dari “Madza Taf’alu fi Halatit Taliyah” karya Syeikh Muhammad bin Shaleh Al-Munajjid).

🔗 Adapun apabila anda telah melakukan sunnah-sunnah Rasul di atas dan gangguannya hilang, alhamdulillah. Namun apabila gangguannya tak kunjung hilang juga dan malah tambah parah, maka silahkan tidak mengapa anda untuk berkonsultasi dengan bagian Ruqyah syar'iyyah, semoga dengan begitu gangguannya bisa hilang karena anda akan mendapatkan arahan dan nasehat-nasehat yang in syaa Allah bisa membuat hati dan pikiran anda menjadi lebih baik dari sebelumnya. Wallahu 'Alam Bish-Showab

✍🏻 Lajnah Ilmiyah Zidni Ilma

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.