Si Pembohong itu Jin ataukah Syaitan?

No Comments
Pertanyaan :

Siapa yang disebut sebagai pembohong oleh baginda Nabi shallaLLaahu 'alaihi wasallam itu dalam hadits Abu Hurairah dan Ka'ab bin Malik itu? Jin ataukah syaitan?

Jawaban :

Jin itu makhluk mukallaf, diberi akal dan syahwat sbgm manusia jg demikian.

Syaitan. 
Asalnya syaitan itu kata sifat. Jika melekat kuat sifat-sifat itu pada makhluk maka makhluk itu terpersonifikasi menjadi syaitan. Disebutlah makhluk itu secara personal sebagai syaitan. Dan syaitan itu bisa dari jenis jin, manusia ataupun hewan.

Ada jin yang menganggu dan ada manusia juga yang menganggu. Tidak semua jin yang menggganggu itu otomatis menjadi syaitan sebagaimana tidak semua manusia yang mengganggu itu otomatis disebut sebagai syaitan. Manusia bisa bohong dan jin juga bisa bohong. Yang bisa bohong itu tidak otomatis disebut sebagai pembohong.

Bedakan, agar tidak salah kaprah lagi. Latih diri untuk terbiasa membedakannya, sehingga proporsional menyikapinya waspada tetapi tidak apriori, cermat dan cari solusi teraman dalam berinteraksi tapi tetap bermanfaat sesuai dengan kaidah syariatnya.

Salah satu langkah teraman adalah dengan fokus mendakwahinya. Mohon selalu kepada ALLAH SWT untuk kemudahan dan pertolongan dalam mendakwahinya. Jika ALLAH SWT mudahkannya bertaubat dan berIslam, bina lagi dg bacaan ayat-ayat Al-Quran dengan berharap bertambah imannya (QS 8:2-4).

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.