DALIL JIN BISA MERASUKI MANUSIA

No Comments
Pertanyaan : 

Apakah ada dalil bahwa jin bisa merasuki manusia?

Jawaban :

Ya, ada dalilnya dari al-Qur'an dan Sunnah bahwa jin bisa merasuki manusia. 
Dari Al-Qur'an ialah firman Allah, 

"Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan lantaran (tekanan) penyakit gila."
(Al-Baqarah: 275)

Ibnu Katsir berkata :

 "Mereka tidak bangkit dari kubur mereka pada hari Kiamat kecuali sebagaimana bangkitnya orang ketika kemasukan setan."

 Sedangkan dari *AS Sunnah*ialah sabda 
Nabi صلی الله عليه وسلم, 

"Setan mengalir pada manusia lewat aliran darah."
 (HR. Al-Bukhari, no. 7171, kitab al-Ahkam; Muslim, no. 2175, kitab as-Salam) 

Al-Asy'ari berkata dalam Maqalat Ahlus Sunnah wal Jama'ah, "Mereka -yakni Ahlus Sunnah- berpendapat bahwa jin masuk ke dalam tubuh orang yang kesurupan." Dan, ia berargumen dengan ayat di atas. Abdullah bin Imam Ahmad berkata, "Aku bertanya kepada ayahku, 'Orang-orang menyangka bahwa jin tidak merasuki tubuh manusia.' Beliau menjawab, 'Wahai anakku, mereka berdusta. Jin itu berbicara lewat lisan manusia'."

Ada sejumlah hadits dari Rasulullahصلی الله عليه وسلمyang diriwayatkan Imam Ahmad dan al-Baihaqi, bahwa seorang anak yang telah gila didatangkan. Maka, Nabi سبحانه و تعالى mengatakan (kepada jin yang merasuki anak kecil itu), "Keluarlah! Aku adalah Rasulullah."
 Lalu anak itu terbebas darinya.

Anda melihat bahwa dalam masalah ini terdapat dalil dari Al-Qur'an dan dua dalil dari as-Sunnah. Ini juga merupakan pendapat Ahlus Sunnah wal Jama'ah dan pendapat salaf, serta fenomena membuktikan hal itu. Meskipun demikian, kita tidak mengingkari bahwa kegilaan itu ada sebab lainnya, seperti saraf terputus, otak rusak, dan selainnya. 

✍ Syaikh Ibnu Utsaimin

Rujukan :
Al-Fatawa al-Ijtima'iyah, Ibn Utsaimin, jilid 4, hal. 67-68. Disalin dari buku Fatwa-Fatwa Terkini Jilid 3, penerbit Darul Haq.

Smoga bermanfaat dan membawa berkah... Aamiin

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.