Ads Top

YANG MEMBUAT SHOLAT TIDAK KHUSYU

Terlalu banyak memikirkan DUNIA membuat sholat tidak KHUSYU
Astagfirullahaladzim
=============================

Beberapa Alasan Kenapa Kita Tidak Bisa Khusyu Dalam Sholat :

1. Karena memang belum mengenal Allah kecuali sebatas Tuhan. Belum mengenal sifat, af'al & asma-Nya.
2. Karena belum faham bacaan, makna, hikmah, keutamaan, syarat&rukun shalat, maka jadilah "sukaaraa", shalat mabuk, alias shalat tanpa rasa pemahaman penghayatan keyakinan, kosong, hampa, seakan robot jasad tanpa ruh.
"janganlah kalian menegakkan shalat, sedangkan kalian dalam keadaan mabuk, sampai kalian benar-benar faham apa-apa yg kalian baca dalam shalat kalian" (QS. 4:43)
3. Karena tidak sadar bhwa shalat itu adalah " al-muhadatsah bainal makhluqi wa khaaliqi" dialog hamba kepada penciptanya, "apabila salah seorang dari kalian shalat, sebenarnya ia sedang berkomunikasi dengan Allah (HR. al-Bukhari dan Muslim)
4. Karena sedikit kita yang faham bahwa dalam shalat tatkala membaca al-Faatihah terjadi dialog antara hamba dengan Rabb-nya.
5. Karena "hubbud dunya", sangat mencintai dunia.
6. Karena memakan makanan & meminum minuman yang haram, baik dengan sengaja ataupun dengan cara memperolehnya yang salah.
7. Karena shalatnya masih disertai dgn "al-fahsyaa' " berbuat maksiat, seperti berdusta, mabuk, membuka aurat, berjudi, berzina dari zina mata melihat yang porno, tangan meraba, pikiran berkhayal, sampai zina kemaluan.
8. Karena shalatnya disertai "al-mungkar" , berbuat zalim, menganiaya, menipu, menggunjing, memfitnah, merendahkan orang lain, menghina,memukul, apalagi sampai membunuh orang lain.
9. Karena "ath-thabi'ah as-sayyi-ah", masih punya sifat & tabiat buruk seperti sombong,diam-diam merendahkan orang lain,dengki,dendam, pemarah,buruk sangka,riya,sum'ah,ujub,bangga diri, dll
10. Karena "gairul isti'daad" , tidak mempersiapkan diri secara maksimal ketika menghadap Allah, seperti pakaian kurang bersih & rapi, padahal ada pakaian bersih&rapi, mukena yang bau apek/badan yg masih kotor, padahal masih bisa membersihkan/ tempat ibadah yg kurang bersih / dengan sengaja mengulur waktu shalat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.