Ads Top

KENAPA ORANG YANG DIRASUKI JIN ITU MERASA SEDIH,TAKUT,ATAU PUTUS ASA?


بسم الله الرحمـــن الرحيم
الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على خاتم النبيين وعلى آله وصحبه أجمعين.أما بعد:

Orang yang sedang ada gangguan jin sering tiba-tiba merasa sedih,takut,bahkan merasa putus asa.Keadaan-keadaan tersebut tidak bisa dia hindari,karena munculnya tanpa disadari.Apakah jin yang merasukinya punya andil dalam menimbulkan perasaan-perasaan tersebut? Mari kita cari jawabannya.

Diantara cara jin yang merasuki itu melemahkan kejiwaan orang yang dirasukinya adalah dengan  mencampur adukkan emosi atau perasaannya dengan emosi orang yang ia rasuki.Rasa sedih adalah pintu masuk setan yang paling dia sukai.Rasa sedih itu akan semakin melemahkan imunitas kejiwaan pasien,hingga dia semakin mudah di kuasai.Kalau kita perhatikan didalam alquran Allah subhaanahu wa ta'aala selalu melarang atau menafikan kesedihan:
1.Jangan bersedih
وَلَا تَهِنُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَنْتُمُ الْأَعْلَوْنَ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ
"Dan janganlah kamu (merasa) lemah, dan jangan (pula) bersedih hati, sebab kamu paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang beriman".(Al-Imran:139).
2.Tidak ada kesedihan
أَلَا إِنَّ أَوْلِيَاءَ اللَّهِ لَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ
"Ingatlah wali-wali Allah itu, tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati".(Yunus:62).

Nabi kita shallallohu 'alaihi wa sallam selalu mohon perlindungan dari rasa sedih:
اللَّـــهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْحَـمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْـِز وَاْلكَسَلِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْجُـبْنِ وَالْبُخْـلِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ غَلَبَتِ الدَّيْنِ وَقَـهْرِ الرِّجَالِ. 
“Ya Allah ya Tuhan kami, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu daripada keluh kesah dan rasa sedih, aku berlindung kepada-Mu dari lemah kemauan dan malas, aku berlindung kepada-Mu daripada sifat pengecut dan kikir, aku berlindung kepada-Mu daripada tekanan hutang dan kezaliman manusia.”(HR Abu Dawud 4/353).

Ibnu Qoyyim Al-Jauziyah rahimahulloh berkata:
الحزن يضعف القلب، ويوهن العزم ويضر الإرادة، ولا شيء أحب إلى الشيطان من حزن المؤمن
"Rasa sedih itu melemahkan hati,merapuhkan tekad,dan membahayakan keinginan.Tidak ada sesuatu yang paling disukai oleh setan itu kecuali sedihnya orang beriman".

Seorang ulama berkata:
إني أدعو الله في حاجة فإذا أعطاني إياها فرحتُ مرة ، وإذا لم يعطني إياها فرحتُ عشر مرات، لأن الأولى اختياري والثانية اختيار الله.
"Sungguh aku selalu berdo'a kepada Allah untuk suatu kebutuhan.Apabila dikabulkan,aku bergembira sekali.Apabila tidak dikabulkan,aku bergembira sepuluh kali.Yang pertama pilihanku,sedangkan yang kedua pilihan Allah".

Jadi jin yang merasuki tubuh seseorang itu memiliki peran penting didalam mencampur adukkan emosinya dengan emosi orang yang dirasukinya.Lihatlah bagaimana seorang pasien sudah merasa takut ketika akan menemui peruqyah.Rasa takut ini adalah akibat dari rasa takut jin didalam tubuhnya.Tubuh pasien ini bergetar takut karena tubuh jinnya juga bergetar ketakutan.Coba kita perhatikan beberapa ciri seseorang yang didalam tubuhnya ada jin:
1.Suka menyendiri.Setan tidak suka berkumpul.Dia suka menyendiri.Sifat setan inilah yang menyebabkan seseorang yang ada gangguan itu suka menyendiri.Suka diam didalam kamarnya.Jelasnya dia tidak suka berjamaah.
عَنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا خَطَبَ بِالْجَابِيَةِ، فَقَالَ: قَامَ فِيْنَا رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم فَقَالَ مَنْ أَرَادَ مِنْكُمْ بَحْبُوْحَةَ الْجَنَّةِ فَلْيَلْزَمِ الْجَمَاعَةَ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ مَعَ الْوَاحِدِ وَهُوَ مِنَ الإِثْنَيْنِ أَبْعَدُ 
"Dari Abdullah bin Umar berkata: Umar bin Khattab radhiallahu 'anhuma pernah berkhutbah di Al-Jabiyah seraya berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berdiri di hadapan kami dan bersabda: "Barangsiapa dari kalian menginginkan tinggal di tengah-tengah syurga, maka hendaklah berpegang teguh kepada Al-Jama'ah, kerana syaitan bersama seorang (sendirian) dan dia dari dua orang, dengan lebih jauh".(HR.Tirmizi no. 2254).
2.Selalu merasa kehidupannya sempit dan merasa cemas.Seseorang yang gangguan jin itu selalu merasa cemas dan merasa sempit dalam hidupnya.Kehidupan setan itu penuh dengan kecemasan,kesedihan,dan ketakutan.
وَمَنْ أَعْرَضَ عَنْ ذِكْرِي فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنْكًا وَنَحْشُرُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَعْمَىٰ
"Dan barang siapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sungguh, dia akan menjalani kehidupan yang sempit, dan Kami akan mengumpulkannya pada hari Kiamat dalam keadaan buta.”.(Tha-Ha:124).
3.Emosional.Seseorang yang ada jin ditubuhnya akan menjadi cepat marah/emosional.Sifat setan adalah pemarah sesuai dengan tabiat penciptaannya yaitu dari api.Sifatnya ini bisa membuat orang itu cepat marah walaupun disebabkan oleh hal-hal yang sangat sepele.
إِنَّ الْغَضَبَ مِنْ الشَّيْطَانِ وَإِنَّ الشَّيْطَانَ خُلِقَ مِنْ النَّارِ وَإِنَّمَا تُطْفَأُ النَّارُ بِالْمَاءِ فَإِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَتَوَضَّأْ
"Sesungguhnya amarah itu dari setan dan setan diciptakan dari api. Api akan padam dengan air. Apabila salah seorang dari kalian marah, hendaknya berwudhu".(HR.Abu Daud).
4.Berat untuk melakukan ibadah
5.Tergesa-gesa baik dalam perkataan atau perbuatan
6.Was-was permanen
7.Putus asa dari rahmat Allah hingga bisa bunuh diri

Semua ciri-ciri diatas menandakan adanya jin didalam tubuh seseorang dan memiliki peran dalam setiap perubahan emosinya.Hal ini menyebabkan dampak negatif terhadap setiap aktifitas yang dilakukan.Hubungan dengan orang lain dan masyarakat menjadi tidak stabil.Penguasaan emosi oleh jin yang merasuki ini tergantung siapa yang memegang kendali.Bila yang dirasuki memiliki jiwa yang kuat,maka jin ini tidak akan bisa menguasai tubuh terlebih emosinya.Begitu sebaliknya,bila yang dirasuki memiliki jiwa yang lemah,maka jin yang merasuki akan dengan mudah menguasai tubuh terlebih emosinya.Disini kita juga tidak bisa mengesampingkan perubahan kejiwaan seseorang yang diakibatkan oleh stress,atau tubuh yang capek karena beraktifitas hingga menyebabkan kepribadiannya menjadi lemah.Seorang peruqyah harus melihat dari semua sisi agar bisa memberikan pengertian yang tepat kepada pasiennya.Jadi tidak hanya melihat dari satu sisi saja.

Kesimpulan yang bisa kita ambil dari tulisan ini adalah; keberadaan jin didalam tubuh akan berpengaruh pada emosi orang yang dia rasuki.Peran jin ini merupakan andil yang harus dilakukan agar jauh lebih mudah untuk menguasai tubuh dan emosi orang yang dia rasuki.Demikian semoga bermanfaat.Aamiiin
وصل الله على محمد وآله وصحبه وسلم.والحمد لله رب العالمين.والله تعالى اعلى واعلم

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.